Visual Aids & Properties in Digital Era

Illustrated by : Ariq Rizqi

Visual Aids & Properties adalah hal-hal yang diperlukan oleh seorang public speaker dalam menyampaikan materi di depan para audience. Di masa lalu, sebelum adanya proyektor, materi disampaikan dalam bentuk poster. Namun, seiring kemajuan teknologi semua sistem tersebut sudah dikomputerisasi. Sebagai contoh, seorang public speaker saat menyampaikan materi sekarang menggunakan program bernama power point yang lebih dinamis dan praktis.

Di masa sekarang, terdapat berbagai alat bantu seorang public speaker yang akan dijabarkan sebagai berikut :

  1. Mic : suatu alat atau komponen elektrik yang dapat mengubah energi gelombang suara ke energi sinyal radio. Mic merupakan alat yang vital atau penting, karena jika tidak menggunakan mic dan ruangan yang digunakan dengan skala besar, otomatis audience yang berada di belakang venue tidak dapat mendengan suara atau materi yang sedang kita presentasikan. Sebagai seorang public speaker hendaknya memeriksa terlebih dahulu mic yang akan digunakan supaya tidak terjadi kendala teknis seperti suara mic yang tidak ada, suara mic yang pecah dan sebagainya.
  2. Pointer : Pointer adalah suatu alat bantu yang digunakan ketika melakukan presentasi, sehingga Public Speaker dapat menunjuk bagian pada slide dengan lebih mudah. Selain itu juga pointer sangat berguna bagi public speakers karena dapat memudahkan memindah-mindahkan slide yang mau dipresentasikan tanpa harus menunggu operator untuk memindahkannya. Sehingga dapat memperlancar jalannya presentasi.
  3. Komputer/Laptop : Komputer atau laptop adalah salah satu gawai yang sudah umum digunakan oleh public speakers. Komputer atau laptop digunakan sebagai alat untuk membuat presentasi. Setiap public speaker terkadang membawa laptop sendiri untuk mempermudah dalam pengoperasiannya dikarena sudah mengerti apa yang harus dilakukan jika terjadi kendala
  4. Projektor : Projektor adalah alat untuk meproyeksikan objek visual yang berasal dari laptop maupun komputer sehingga tampilan layar menjadi lebih besar, sehingga mempermudah audience memahami presentasi dari public speaker.
  5. Software : Software adalah aplikasi ataupun program yang digunakkan untuk melakukan sesuatu di laptop maupun komputer. Software yang banyak digunakan oleh public speakers antara lain powerpoint, google slide, dan WPS.

 

Visual aids & Properties sangatlah dibutuhkan public speakers untuk mempermudah dalam menyampaikan materi. Di era yang semakin digital ini Visual aids & Properties semakin canggih dan mempermudah public speakers dalam menyiapkan bahan presentasi hingga melakukkan presentasi.

Ditulis oleh: Gus Azhar Rahmadian dan Ariq Rizqi Alauddin

Leave a comment

Your email address will not be published.